Rabu, 19 Maret 2014

Sejarahnya RODA.



Pertama kali Roda digunakan untuk tujuan tembikar dan ke alat-alat yang paling canggih yang dikenal manusia, roda telah terus mengemudi peradaban . Kami pikir ini akan menjadi ide yang baik untuk berjalan-jalan melalui banyak tahapan evolusi roda dan melihat ke mana tujuannya sekarang.



The Beginning



          Para peneliti sepakat bahwa 3500 SM adalah tahun dimana roda itu ditemukan, dan Tempat di temukannya yaitu di Mesopotamia, daerah yang sekarang diduduki oleh Irak yang dilanda perang. Roda pertama untuk keperluan transportasi sekitar 3200 SM, tujuannya untuk memindahkan kereta di Mesopotamia.

          Saat itu, manusia menggunakan kayu untuk memindahkan beban besar. Masalah utama dengan metode ini transportasi adalah bahwa banyak rol yang diperlukan, dan perawatan yang diperlukan untuk memastikan bahwa rol tetap setia pada program mereka. Salah satu teori tentang bagaimana hambatan ini diatasi menunjukkan platform, atau kereta luncur, dibangun dengan cross-bar dipasang ke bagian bawah, sehingga mencegah rol dari tergelincir keluar dari bawah beban. Dua rol akan dimanfaatkan, dengan dua cross-bar untuk masing-masing roller, satu depan dan belakang lain dari roller.


       Butuh waktu 1.500 tahun sebelum nenek moyang kita memikirkan langkah berikutnya dalam evolusi roda , berbicara itu . Kebutuhan akan transportasi yang lebih cepat dan ide untuk menggunakan bahan kurang berasal terobosan teknologi ini . Mesir dikreditkan dengan implementasi pertama dari roda spoked pada model tahun 2000 SM kereta mereka . Mereka mempersempit dengan ukiran kedua belah pihak untuk membentuk , tapi itu orang-orang Yunani yang pertama kali memperkenalkan cross- bar , atau H - jenis, roda . Rims besi pertama di sekitar roda terlihat di kereta Celtic di 1000 SM . Roda spoked tetap cukup banyak yang sama sampai 1802, ketika GF Bauer terdaftar paten untuk ketegangan kawat pertama berbicara . Kawat ini berbicara terdiri dari panjang kawat berulir melalui tepi roda dan diamankan di kedua ujungnya ke hub . Selama beberapa tahun ke depan , kawat ini berbicara berkembang menjadi ketegangan putaran berbicara kita lihat di sepeda hari ini .



     Penemuan besar lain yang datang adalah ban pneumatik , yang pertama kali dipatenkan pada tahun 1845 oleh RW Thompson . Idenya adalah lebih ditingkatkan pada tahun 1888 oleh John Dunlop , seorang dokter hewan Skotlandia , yang juga dipatenkan itu, ban Dunlop menggantikan karet keras yang digunakan oleh semua sepeda pada saat itu . Ini adil untuk mulai berbicara tentang roda mobil dimulai dengan Karl Benz 1885 Benz Patent Motorwagen . Tiga - roda kendaraan yang digunakan roda kawat sepeda - seperti, yang dilengkapi dengan karet keras . Berbicara tentang karet , orang pertama yang berpikir tentang menggunakannya untuk tujuan mobil adalah AndrĂ© Edouard Michelin , yang kemudian mendirikan perusahaan ban terkenal . Pada tahun 1910 , BF Goodrich Company menemukan ban hidup lebih lama dengan menambahkan karbon untuk karet .

          Di luar negeri, Ford Model T yang digunakan roda artileri kayu , yang diikuti pada tahun 1926 dan 1927 oleh baja roda dilas - spoke . Tidak seperti kendaraan pertama Karl Benz , mobil yang " menempatkan Amerika di atas roda " telah ban pneumatik diciptakan oleh Mr Dunlop . Ada, bagaimanapun , perbedaan besar antara ban dan yang kita gunakan saat ini . Terbuat dari karet karbon putih , ban memiliki harapan hidup sekitar 2000 mil. Sebuah ban hanya berlangsung selama sekitar 30 atau 40 mil sebelum itu diperlukan perbaikan . Masalah umum meliputi : ban datang dari kemudi , tusukan dan tabung yang terjepit .

          Paradoksnya, langkah berikutnya dalam evolusi wheel disc satu , yang dikenakan kemiripan dengan desain yang solid awal. Seperti banyak hal lain dalam sejarah kita , perubahan itu dipicu oleh biaya yang lebih rendah seperti roda disc baja lebih murah untuk membuat . Pelek bisa diluncurkan dari strip lurus dari logam , dan disk itu sendiri bisa dicap dari lembaran logam dalam satu gerakan mudah . Dua komponen yang dilas atau terpaku bersama , dan roda yang dihasilkan adalah salah satu yang relatif ringan , kaku , tahan terhadap kerusakan , mudah diproduksi dalam jumlah massal , dan yang paling penting , murah diproduksi .Mungkin sekarang akan menjadi saat yang tepat untuk berbicara tentang perbedaan antara rims dan roda . Meskipun kebanyakan orang merujuk saat ini untuk roda , terutama yang alloy rims , istilah sebenarnya berarti bagian terluar dari roda dimana ban sudah terpasang .

          Kembali ke cerita kita , hari ini pada dasarnya ada dua jenis roda untuk penggunaan otomotif , baja dan paduan , yang keduanya telah memperoleh manfaat dari kemajuan teknologi . Akibatnya , besar-besaran , roda berat hari-hari awal mobil telah menjadi ringan , unit spoked kuat . Ini perlu dicatat bahwa sama seperti roda padat pertama beralih ke desain spoked pada tahap yang relatif awal umat manusia , begitu pula di abad ke-20 . Meskipun kita tidak akan terlalu teknis tentang perbedaan antara roda baja dan paduan , kita akan mengatakan bahwa yang terakhir lebih ringan dan lebih baik konduktor panas . Akibatnya , mobil dilengkapi dengan velg sport ditingkatkan kemudi dan penanganan dan memperpanjang umur rem . Mereka juga lebih menarik secara visual , tapi itu cerita lain . Di sisi lain , velg jauh lebih mahal untuk membuat daripada yang baja , yang meningkatkan harga mobil secara keseluruhan .



Future of the Wheel



          Sebagai desain roda tradisional dekat dengan melelahkan setiap perkembangan yang mungkin, perusahaan akan mencari lebih dan lebih eksotis prototipe untuk menggantinya. Di antaranya, Michelin mungkin yang paling aktif dalam bidang penelitian dengan dua konsep inovatif terbaru, Tweel dan Sistem Wheel Aktif. Diumumkan pada tahun 2006, Tweel kembali ke desain pertama dengan menggunakan solusi non-pneumatik bukan kombinasi ban dan roda tradisional. Permukaan bergulir terdiri dari tapak karet, yang terikat ke hub melalui jari-jari yang fleksibel. Jari-jari fleksibel menyatu dengan roda mampudeformasi yang menyerap guncangan dan rebound. Michelin mengklaim bahwa bahkan tanpa udara yang dibutuhkan dalam ban konvensional, Tweel masih memberikan kapasitas membawa beban pneumatik seperti, kenyamanan dan ketahanan terhadap bahaya jalan. Meskipun menawarkan banyak keuntungan, Tweel dirusak oleh masalah besar: getaran pada kecepatan lebih dari 50 mph (80 km / jam), yang hanya cocok untuk membuat konstruksi kendaraan dan mobilitas pribadi.

Active Wheel Sistem

Konsep ini mungkin yang paling revolusioner dari mereka semua karena menggabungkan semua komponen kunci mobil ke roda itu sendiri. Sementara hanya cocok untuk mobil listrik, Sistem Roda Aktif rumah mesin, suspensi, gearbox dan
lain-lain. Mungkin jika masyarakat Mesopotamia tidak menemukan cara untuk mengangkut, dengan menggunakan roda, sampai sekarang kita tidak kenal yang namanya roda. Intinya kita sama sekali ngga boleh melupakan yang namanya sejarah. Seperti katanya bung karno JASMERAH.




 

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger templates