Selasa, 22 Maret 2016

Psikoterapi Holistik


        





          Prinsip utama dari psikologi gestalt adalah prinsip bahwa suatu gejala atau fenomena harus dan hanya bisa dimengerti sebagai suatu totalitas (keseluruhan). Prinsip ini menentang elementalisme, yaitu paham yang mempelajari kesadaran dan tingkah laku manusia dengan cara memecah-mecahnya ke dalam elemen-elemen atau bagian-bagian. Prinsip gestalt ini dikenal dengan sebutan prinsip holistik dengan para tokohnya yaitu Alfred Adler, Kurt Goldstein, Gordon Allport, Abraham Maslow dan Carl Rogers.

          Terapi Holistik, yaitu terapi yang tidak hanya menggunakan obat dan hanya ditujukan terhadap kejiwaan, melainkan juga mencakup aspek-aspek lain dari klien, sehingga klien diobati secara menyeluruh, baik segi organobiologik, psikologik, psikososial, maupun spiritualnya. dengan kata lain, terapi holistik ini adalah terapi yang memandang klien secara keseluruhan aspeknya. 

Diagnostik Holistik. 
        Diagnostik Holistik adalah kegiatan untuk mengidentifikasi dan menentukan dasar dan penyebab penyakit (disease), luka (injury) serta kegawatan yang di peroleh dari alasan kedatangan, keluhan personal, riwayat penyakit pasien, pemeriksaan fisik, hasil pemeriksaan penunjang, penilaian resiko internal/individual dan eksternal dalam kehidupan pasien serta keluarganya.



0 komentar:

Posting Komentar

Blogger templates