Rabu, 17 Agustus 2016

Psikologi Kepribadian Big Five Personality


        Psikologi adalah ilmu yang yang mempelajari semua tentang jiwa manusia, di dalam diri manusia terdapat jiwa yang membedakan dengan yang lainnya. kharakteristik yang membedakan tersebut dinamakan kepribadian. Menurut Alport (dalam Alwisol, 2004) kepribadian adalah organisasi dinamik dalam sistem psikofisiologik seseorang yang menentukan model penyesuaiannya yang unik dengan lingkungannya. Dan menurut Alwisol (2004),  konsep awal dari personality adalah tingkah laku yang ditempatkan ke lingkungan sosial, kesan mengenai diri yang dinginkan agar dapat ditangkap oleh lingkungan sosial. banyak teori tentang kepribadian diantaranya adalah Big five personality.
       Menurut Widhiastuti (2014), model big five personality atau model lima besar kepribadian dibangun dengan pendekatan yang lebih sederhana. Walaupun teori big five personality terlihat begitu kompleks dibanding dengan teori lain sebelumnya, beberapa pendekatan yang dilakukan dalam penelitian-penelitian lebih sederhana. Sedangkan menurut Pervin dkk (dalam Widhiastuti, 2014), big five personality memiliki reliabilitas dan validitas yang relatif stabil, hingga seseorang menginjak dewasa. Sedangkan Goldbelrg (dalam Gregory, 2011) menamai lima faktor dengan lima besar (big five).
         McCrae dan Costa (dalam Feist dan Feist, 2011) setuju dengan Eysenck bahwa sifat dari kepribadian adalah bipolar dan mengikuti distribusi lonceng, kebanyakan orang akan memiliki skor yang berada dekat dengan titik tengah dari setiap sifat, dan hanya sedikit orang yang memiliki skor pada titik ekstrem.

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger templates